08/04/2021

Cara meredakan Nyeri Pada Gusi

Nyeri gusi adalah masalah yang mengganggu yang terjadi karena beberapa alasan. Ini bisa disebabkan oleh sesuatu yang sederhana seperti menyikat terlalu keras, sariawan, atau memakai gigi palsu, kawat gigi, atau kawat gigi. Bagi wanita, ini mungkin disebabkan oleh perubahan hormonal, kehamilan, atau menopause, dan dapat terjadi di sekitar waktu menstruasi mereka. Di lain waktu, nyeri gusi mungkin merupakan tanda masalah kesehatan mulut yang lebih serius seperti sariawan, radang gusi, atau periodontitis.

Jelajahi pengobatan rumahan ini untuk meredakan nyeri gusi dengan cepat. Selain itu, pastikan juga untuk mempelajari perbedaan antara kapan Anda dapat mengobati nyeri gusi dengan aman di rumah dan kapan Anda harus menemui dokter gigi.

Apa yang berhasil untuk nyeri gusi?

Jika satu-satunya gejala Anda adalah nyeri gusi, cobalah perawatan ini di rumah:

Berkumurlah dengan air asin

Hangatkan 1 cangkir air di atas kompor (jangan sampai mendidih – hangatkan saja) dan tuangkan ke dalam gelas dingin. Tambahkan 1 sdt. garam ke air hangat dan aduk rata.

Kumur campuran di mulut Anda, lalu keluarkan ke wastafel setelah selesai (jangan menelannya). Garam akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan mengurangi bakteri pada gusi yang dapat menyebabkan pembengkakan. Bilas mulut Anda dengan air garam hangat setidaknya dua kali sehari sampai bengkaknya mereda. Jika masih belum berhasil, Anda bisa mencoba mengkonsumsi obat gusi bengkak yang dijual di Apotek dan Toko terdekat.

Kompres dengan Air Dingin atau Panas

Cobalah kompres panas atau dingin untuk membantu mengurangi rasa sakit. Untuk kompres panas: Panaskan air dengan suhu sedang (jangan sampai mendidih). Rendam kain bersih dengan air panas, lalu peras kelebihannya.

Tekan lembut kain hangat dan lembab ke wajah Anda di dekat area di mana nyeri gusi Anda terjadi (tidak langsung pada gusi Anda).

Untuk kompres dingin:

Bungkus kantong es dengan kain bersih dan gunakan cara yang sama seperti di atas. Gunakan salah satu metode sampai rasa sakit Anda mereda, atau bergantian antara panas dan dingin sampai pembengkakan dan peradangan mereda.

Jamu herbal

Jamu dan rempah-rempah tertentu dapat diubah menjadi pengobatan rumahan untuk radang gusi dan nyeri. Bubuk cengkeh dan spilanthes keduanya merupakan bahan analgesik (pereda nyeri). Mereka telah digunakan sebagai pereda nyeri mulut alternatif untuk waktu yang lama. Bedak antiradang seperti kunyit juga bisa membantu. Untuk menggunakan perawatan ini, campurkan bedak pilihan Anda dengan sedikit air hangat hingga membentuk pasta.

Oleskan pasta gigi langsung ke gusi Anda sampai nyeri mereda, lalu bilas mulut Anda dengan air. Terapkan sesering yang dibutuhkan.

Beli bubuk cengkeh, Spilanthes, dan kunyit sekarang.

Semprotkan dengan minyak esensial 

Encerkan minyak esensial menjadi semprotan. Untuk perawatan ini, gunakan botol semprot kecil dan bersih yang belum pernah ada di produk lain. Isi botol dengan air, dan tambahkan sekitar lima tetes minyak esensial, Kocok dan semprotkan sedikit pada gusi Anda sesuai kebutuhan.

Jangan biarkan minyak esensial menyentuh kulit tanpa mengencerkannya dengan minyak pembawa seperti minyak almond manis. Juga, jangan pernah menelan minyak esensial. Berkumurlah dengan air sesudahnya dan keluarkan. Minyak seperti peppermint, oregano, dan cengkih memiliki khasiat alami pereda nyeri, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sirkulasi.

1 Kantong Teh

Ambil sekantong teh segar dan rendam dalam air mendidih selama 5 menit, seperti yang Anda lakukan untuk membuat teh. Setelah teh celup cukup dingin untuk disentuh, oleskan langsung ke gusi yang sakit setidaknya selama 5 menit. Pilih teh yang tinggi tanin, seperti teh hitam, teh hijau, atau bahkan teh kembang sepatu. Atau pilih teh yang mengandung jamu anti-inflamasi – jahe dan kamomil adalah contoh yang populer.

Ramuan antiinflamasi akan menenangkan, sedangkan tanin akan menyerap apa pun yang mengiritasi gusi.

Beli sekarang untuk rami hitam, hijau, kembang sepatu, jahe, atau kamomil.

Oleskan Gel anestesi oral

Gel obat oral tersedia di pasaran. Ini mengandung senyawa alami dan sintetis yang membantu mematikan rasa dan mengobati nyeri gusi. Beberapa bahkan mengandung senyawa pereda nyeri dari tumbuhan seperti cengkeh atau spilanthes. Merek umum yang dijual bebas termasuk Orajel dan Anbesol. Ikuti instruksi pada paket.

 Konsumsi obat Pereda nyeri

Obat penghilang rasa sakit umum sederhana dan NSAID, seperti aspirin, acetaminophen (Tylenol), dan ibuprofen (Advil) dapat membantu dalam keadaan darurat.

Jika rasa sakit terus berlanjut dan metode topikal di atas (atau lainnya) tidak berhasil, coba opsi ini. Anda dapat menggunakannya sendiri atau sebagai tambahan untuk perawatan rumah topikal.

Untuk mengetahui jumlah dosis, ikuti petunjuk pada label botol.

Kapan harus mengunjungi dokter

Nyeri gusi seringkali merupakan kejadian terisolasi yang dapat dengan mudah diobati atau dihilangkan.

Dalam kasus tertentu, nyeri gusi bisa menjadi gejala masalah kesehatan mulut yang lebih besar. Temui dokter atau dokter gigi Anda jika Anda mengalami nyeri gusi:

  • mengganggu makan atau tidur
  • disertai gejala lainnya
  • Nyeri gusi juga bisa menjadi tanda masalah mulut lainnya, seperti:
  • Seriawan. Infeksi jamur mulut ini mungkin termasuk nyeri gusi sebagai gejalanya. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda mengalami nyeri gusi dan lapisan kekuningan di mulut, tenggorokan, atau di dalam pipi Anda – mungkin sariawan.
  • Radang gusi. Penyakit gusi ini ditandai dengan gusi bengkak dan nyeri yang mudah berdarah. Kunjungi dokter gigi jika Anda mengalami gusi merah, bengkak, berdarah, dan sakit selama lebih dari seminggu.
  • Penyakit periodontal atau periodontitis. Kondisi ini mengikuti radang gusi yang tidak diobati. Kunjungi dokter gigi Anda sesegera mungkin jika Anda mengalami nyeri gusi pada gusi yang merah dan bengkak; gusi berdarah surut; kehilangan gigi, dan abses.

Jika Anda tidak memiliki gejala lain selain nyeri gusi, cobalah untuk berhati-hati saat menyikat atau membersihkan gigi dengan benang. Jika Anda seorang wanita, perhatikan apakah nyeri gusi terjadi selama waktu-waktu tertentu dalam sebulan atau jika Anda sedang hamil atau menopause. Pergeseran hormonal alami ini terkadang menyebabkan nyeri gusi. Demikian artikel kesehatan dari kami tentang cara mengatasi nyeri pada gusi, semoga beermanfaat.