07/04/2021

Manfaat Menyusui untuk Bayi

Menyusui adalah saat Anda menyusui bayi Anda, biasanya langsung dari payudara Anda. Ini juga disebut keperawatan. Membuat keputusan untuk menyusui adalah masalah pribadi. Itu juga salah satu yang cenderung menarik pendapat dari teman dan keluarga.

Banyak ahli medis, termasuk American Academy of Pediatrics (AAP) dan American College of Obstetricians and Gynecologists, sangat menganjurkan pemberian ASI secara eksklusif (tanpa formula, jus, atau air) selama 6 bulan. Setelah pengenalan makanan lain, disarankan untuk terus menyusui sampai tahun pertama kehidupan bayi.

Seberapa sering Anda harus menyusui bayi Anda, maupun menggunakan asi booster tergantung pada apakah bayi Anda lebih suka makan kecil, sering, atau menyusu lebih lama. Ini akan berubah seiring pertumbuhan bayi Anda. Bayi baru lahir seringkali ingin menyusu setiap 2-3 jam. Pada usia 2 bulan, menyusui setiap 3-4 jam adalah hal biasa, dan pada usia enam bulan, kebanyakan bayi menyusu setiap 4-5 jam.

Anda dan bayi Anda unik, dan keputusan untuk menyusui ada di tangan Anda.

Tanda Bayi Anda Lapar

Salah satu cara paling umum agar bayi memberi tahu Anda bahwa mereka lapar adalah dengan menangis. Tanda-tanda lain bayi Anda siap disusui meliputi:

  • Menjilat bibir atau menjulurkan lidah
  • Rooting, yaitu menggerakkan rahang, mulut, atau kepalanya untuk mencari payudara Anda
  • Menaruh tangan mereka di mulut
  • Membuka mulut mereka
  • Kecerewetan
  • Mengisap sesuatu

Manfaat Menyusui untuk Bayi

Payudara susu menyediakan ideal nutrisi untuk bayi. Ini memiliki campuran vitamin, protein, dan lemak yanghampir sempurna- semua yang dibutuhkan bayi Anda untuk tumbuh. Dan itu semua diberikan dalam bentuk yang lebih mudah dicerna dibanding susu formula bayi . Payudara susu mengandung antibodi yang membantu melawan bayi Anda dari virus dan bakteri. Menyusui menurunkan risiko bayi Anda menderita asma atau alergi . Selain itu, bayi yang mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, tanpa susu formula, memiliki lebih sedikit infeksi telinga , penyakit pernapasan, dan serangan diare . Mereka juga memiliki lebih sedikit rawat inap dan perjalanan ke dokter.

Menyusui telah dikaitkan dengan skor IQ yang lebih tinggi di masa kanak-kanak dalam beberapa Review Penelitian. Terlebih lagi, kedekatan fisik, kulit menyentuh to-kulit, dan mata kontak semua bantuan ikatan bayi Anda dengan Anda dan merasa aman. Bayi yang disusui lebih mungkin memperoleh jumlah berat yang tepat saat mereka tumbuh daripada menjadi anak-anak yang kelebihan berat badan . AAP mengatakan menyusui juga berperan dalam pencegahan kematian.

Tips untuk Ibu Baru Menyusui

Beberapa hal yang membantu Anda mempersiapkan menyusui: 

  • Dapatkan perawatan prenatal rutin untuk membantu Anda menghindari kelahiran prematur.
  • Katakan kepada dokter Anda bahwa Anda berencana untuk menyusui dan tanyakan fasilitas dukungan apa yang Anda rencanakan untuk diberikan dalam menawarkan untuk membantu Anda menyusui setelah lahir.
  • Ikuti kelas menyusui.
  • Mintalah dokter Anda untuk menghubungkan Anda dengan konsultan laktasi, yang dapat mengajari Anda dasar-dasar menyusui dan membantu Anda jika memiliki masalah.
  • Bicaralah dengan dokter Anda tentang kondisi kesehatan yang Anda miliki atau obat yang Anda minum yang dapat mengganggu menyusui.
  • Beri tahu dokter dan penyedia perawatan kesehatan rumah sakit Anda bahwa Anda ingin menyusui sesegera mungkin setelah melahirkan.
  • Bicaralah dengan teman yang menyusui atau bergabunglah dengan kelompok pendukung untuk menyusui.
  • Persediaan perlengkapan yang Anda butuhkan untuk menyusui, seperti bra menyusui dan barang-barang lainnya.